Categories
Teknologi

Pentingnya Energi Alternatif Matahari

Pentingnya Energi Alternatif Matahari Untuk Keberlangsungan Kehidupan Bumi – Di bangku sekolah, kita sudah mempelajari mengenai energi yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Sumber energi tersebut berasal dari dua jenis sumber daya alam, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbaharui (tidak akan pernah habis) dan tidak dapat diperbaharui (akan habis jika digunakan secara terus menerus).

Nah, yang menjadi pembahasan di sini mengenai energi alternatif yang berasal dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui, salah satunya matahari.

Karena energi matahari merupakan salah satu sumber energi yang paling utama dan tidak akan habis sepanjang masa.

Saat ini manusia mulai banyak yang berinovasi menciptakan energi alternatif matahari agar SDA yang berasal dari sisa-sisa makhluk hidup tetap tersedia.

Sumber energi alternatif merujuk pada perkembangan teknologi modern, yang merubah sumber energi asli menjadi energi baru.

Adanya pemanfaatan sumber energi alternatif yang berasal dari matahari ini, menjadi satu komponen penting bagi kelangsungan kehidupan makhluk hidup di bumi.

Apalagi, matahari sendiri merupakan sumber energi yang akrab dengan kehidupan sehari-hari kita.

Manfaat Sumber Energi Alternatif Matahari

Manfaat Sumber Energi Alternatif Matahari dalam penerapannya
Seperti yang kita ketahui, matahari merupakan sumber energi yang paling utama bagi kehidupan penduduk bumi, salah satunya manusia.

Matahari menghasilkan energi yang berupa pancaran sinar panas yang sangat bermanfaat untuk kehidupan.

Beberapa manfaat utama dari sinar matahari antara lain; sebagai sumber vitamin D yang berguna untuk menghindarkan dari penyakit rakitis, untuk menjemur pakaian, membuat garam, dan untuk fotosintesis tumbuh-tumbuhan.

Bahkan energi matahari bisa menjadi sumber energi alternatif yang digunakan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan pengganti bahan bakar fosil kendaraan bermotor yang biasa disebut dengan panel surya.

Cara Penggunaan Panel Surya

Cara Penggunaan Panel Surya Sebagai Energi Alternatif Matahari
Panel surya adalah suatu alat yang dapat mengubah energi matahari menjadi energi listrik yang biasa dipakai untuk Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), untuk produktivitas tanaman, dan pengganti bahan bakar fosil pada kendaraan.

Dalam penerapannya, panel surya sendiri sebagai pembangkit listrik di rumah, terbagi menjadi dua sistem antara lain:

Sistem Energi On Grid

Dalam penerapan energi alternatif matahari, sistem On Grid ini menggunakan panel surya untuk menghasilkan listrik bersih bebas emisi dengan menghemat biaya.

Karena masih tetap terhubung dengan jaringan PLN tanpa menggunakan baterai. Jadi, sitem energi tersebut juga diekspor ke PLN.

Nah, apabila sewaktu-waktu jumlah energi yang dihasilkan panel surya tidak maksimal, maka secara otomatis jaringan PLN akan memfasilitasi kebutuhan listrik pengguna. Akan tetapi jika terjadi pemadaman, maka listrik juga ikut padam.

Sistem Energi Off Grid

Jika sistem On Grid tersambung ke jaringan PLN, maka sistem Off Grid hanya mengandalkan energi matahari sebagai sumber energi utama sekaligus satu-satunya.

Sistem ini menggunakan rangkaian modul photovoltaic untuk menghasilkan energi listrik sesuai dnegan yang dibutuhkan.

Pada sistem ini sumber energi alternatif matahari disimpan dalam baterai. Jadi, apabila terjadi pemadaman, listrik tidak akan ikut padam.

Sedangkan dalam penggunaan panel surya pada kendaraan bermotor, panel surya akan dipasang dibeberapa bagian tubuh kendaraan yang mudah terpapar sinar matahari.

Misalnya pada mobil, panel surya akan dipasang pada sisi depan dan sisi atas mobil.

Kemudian, panel surya tersebut akan mengonversi sinar matahari menjadi listrik yang membuat mobil bergerak.

Contoh Pemanfaatan Energi Alternatif Matahari

Di era ini, kesadaran manusia akan pentingnya menjaga kelestarian sumber daya alam mulai meningkat.

Hal ini seiring dengan berkembangnya teknologi dalam memanfaatkan energi matahari sebagai sumber energi alternatif pada panel surya.

Berikut beberapa contoh pemanfaatan panel surya yang mulai banyak ditemui di beberapa negara termasuk di Indonesia.

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)

Di Indonesia sendiri, pemanfaatan matahari sebagai energi utama pembangkit listrik mulai banyak digunakan dalam beberapa wilayah.

Hal ini tumbuh dari kesadaran bahwa semakin lama, batu bara sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) akan semakin langka seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk di Indonesia disebabkan tingginya angka kelahiran di Indonesia.

Pertanian dan Perkebunan

Teknik penggunaan energi alternatif matahari pada pertanian dan perkebunan paling banyak ditemui di negara maju seperti Jepang.

Karena di negara tersebut kurang lahan untuk pertanian dan perkebunan. Oleh karena itu, mereka memanfaatkanya di dalam ruangan atau sebuah gedung dengan menggunakan panel surya mengarah langsung ke tanaman.

Transportasi

Perkembangan mobil tenaga surya saat ini sudah mulai merambah ke seluruh wilayah Indonesia maupun dunia.

Selain lebih hemat dan mengurangi polusi udara, transportasi dengan menggunakan energi matahari sebagai sumber energi utama ini, juga lebih praktis dibandingkan dengan transportasi yang menggunakan bahan bakar bensin.

Termal surya

Teknologi termal surya merupakan salah satu teknologi yang digunakan menghasilkan panas. Contohnya menghangatkan ruangan dan memanaskan air.

Pengolahan air

Proses dalam pengolahan air menggunakan energi alternatif matahari disebut dengan distilasi surya yang biasa digunakan untuk membuat air payau atau air asin agar dapat diminum.

Pengolahannya menggunakan botol polietilena tereftalat (PET) yang dipaparkan dan berisi cahaya matahari.

Metode ini direkomendasikan Organisasi Kesehatan Dunia.

Selain itu, juga bermanfaat untuk mengolah air limbah pada kolam tanpa menggunakan bahan kimia.

Hal ini juga berdampak dengan kelestarian lingkungan dengan berkuranganya karbondioksida.

Keunggulan Dari Energi Alternatif Matahari

Dalam memanfaatkan energi matahari sebagai energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari, ada banyak keungulannya, antara lain:

Ramah lingkungan

Hal yang paling utama dalam memanfaatkan energi matahari sebagai sumber energi utama dalam kehidupan sehari-hari yakni semakin bersihnya dari emisi karbon dioksida yang berbahaya yang dapat merusak lingkungan.

Contohnya: asap knalpot kendaraan yang membuat polusi udara semakin meningkat sehingga menipisnya lapisan ozon.

Atau asap Pembangkita Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang bahan utamanya menggunakan batu bara.

Selain pengerukan batu bara di sejumlah wilayah di Indonesia yang menyebabkan jurang-jurang dalam, juga berpengaruh dengan tanaman di sekitarnya yang tidak bisa tumbuh dengan sempurna.

Selain itu juga, sangat berpengaruh dengan kesehatan manusia yang dapat menimbulkan gangguan pada paru-paru.

Praktis dan hemat

Banyak masyarakat yang mengira bahwa penggunaan panel surya sangat mahal dan boros.

Padahal kita hanya membutuhkan biaya diawal pemasangan saja. Selanjutnya cukup menggunakan energi matahari sebagai sumber energi utama.

Stabil

Setiap hari, matahari memberi kita energi lebih dari yang dibutuhkan.

Nah, dengan ketersediaan sinar matahari yang berlimpah inilah, kita bisa memanfaatkannya menjadi sumber energi listrik yang ideal dan stabil untuk digunakan sebagai sumber pasokan listrik utama.

Gratis

Energi matahari merupakan energi yang tidak terbatas jumlahnya dan dapat digunakan dengan gratis.

Kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli energi matahari. Berbeda dengan minyak bumi yang dijual dengan harga relatif mahal.

Melimpah

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, energi matahari bisa kita gunakan tanpa batasan jumlahnya dan tidak akan habis.

Dari keunggulan pemanfaatan energi alternatif matahari sebagai energi utama, kita bisa menyimpulkan, bahwa dalam pemanfaatannya, energi matahari bisa digunakan tanpa batas dan dapat menjaga lingkungan tetap lestari.

Bagaimana? Apakah setelah ini Anda akan beralih menggunakan energi matahari sebagai energi alternatif?